Pengaruh Penggunaan Metode Tebak Kata terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas VII SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan

Sari, Dita Purnama (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Tebak Kata terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas VII SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_DITA_PURNAMA_SARI_1201126_4727_2016.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Penggunaan Metode Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas VII SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan. Penelitian ini diawali dengan observasi di sekolah bahwa hasil belajar seni budaya, seni tari kelas VII belum maksimal. Rata-rata pada nilai ulangan harian masih di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Selain itu pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Hal ini terlihat dari model pembelajaran yang sering diterapkan guru tersebut yaitu konvensional. Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran konvensional dan tebak kata memiliki kelebihan dan kelemahan. Untuk melihat kemungkinan mana yang terbaik maka dilakukan penelitian yang berbentuk eksperimen. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pengaruh penggunaan metode tebak kata terhadap hasil belajar siswa pada pebelajaran seni tari di kelas VII SMP Negeri 2 Painan Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah SMP N 2 Painan Pesisir Selatan berjumlah 151 orang siswa yang terbagi dalam 7 kelas dan teknik pengambilan sampelnya sampling purposive, yaitu kelas VII.6 dan kelas VII.7 masing-masingnya berjumlah 20 dan 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pertanyaan sebanyak 25 butir soal objektif dan alat pengumpul data digunakan lembaran pertanyaan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (ttest), dengan hipotesis jika H1 diterima atau H0 ditolak disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode tebak kata dengan tanpa menggunakan metode tebak kata, dan jika H0 diterima atau H1 ditolak disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode tebak kata dengan tanpa menggunakan metode tebak kata. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode tebak kata dengan tanpa menggunakan metode tebak kata, yang terlihat dari siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode tebak kata memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 84,2 jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional dengan nilai rata-rata 73,6. Berdasarkan perhitungan t-test pada saat posttest diperoleh lebih besar dari yaitu 3,828 > 2,023 menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak dengan hipotesis terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tebak kata memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP N 2 Painan Pesisir Selatan tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:00
Last Modified: 09 Nov 2018 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19369

Actions (login required)

View Item View Item