Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru pada Pelajaran Seni Musik di Kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh

Fernando, Diki (2016) Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru pada Pelajaran Seni Musik di Kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_DIKI_FERNANDO_01723_3267_2016.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pada pelajaran seni musik yang meliputi keterampilan membuka dan menutup pelajaran, bertanya, memberikan penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membimbing diskusi, mengelola kelas, serta mengajar kelompok kecil dan perseorangan di SMP Negeri 9 Payakumbuh.. Penelitian ini tergolong penelitian berjenis kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Objek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh, dengan mengambil jadwal dan tempat melaksanakan observasi dan wawancara pada dua kali pertemuan pembelajaran seni musik di dalam kelas. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dari kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) siswa yang dicatat pada catatan lapangan dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa 32 orang siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 9 Payakumbuh telah memiliki berabagai persepsi tentang kemampuan mengajar guru dalam delapan kemampuan yang dilihat. Persepsi itu berpengaruh secara positif maupun negatif terhadap pandangan, tanggapan dan perasaan siswa dalam belajar seni musik di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Nov 2018 03:45
Last Modified: 08 Nov 2018 03:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19357

Actions (login required)

View Item View Item