Penerapan Metode Discovery dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Pembangunan Laboratorium UNP

Arisa, Delfia (2015) Penerapan Metode Discovery dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_DELFIA_ARISA_5116_2015.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran seni tari, dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Discovery dalam Pembelajaran Seni Tari Di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis.. Pada penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data didapat melalui observasi dan tes unjuk kerja. Objek penelitian ini adalah siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP kelas VII.E yang berjumlah 28 siswa. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SMP Pembangunan Laboratorium UNP, dapat diketahui bahwa dengan penerapan metode discovery dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran seni tari. Efektivitas penggunaan metode discovery sudah berjalan dengan baik pada setiap kali pertemuan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang telah mencapai KKM yang ditentukan. Nilai rata-rata siswa sebelumnya yaitu 77% tergolong dalam kriteria cukup dan setelah penerapan metode discovery, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,5% dan termasuk dalam kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode discovery proses pembelajaran seni tari menjadi efektif dan siswa menjadi lebih kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:07
Last Modified: 08 Nov 2018 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item View Item