Pelaksanaan Praktek Bernyanyi Kelas VII di SMP Negeri 22 Padang

Trisani, Caecilia (2016) Pelaksanaan Praktek Bernyanyi Kelas VII di SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_CAECILIA_TRISANI_1103471_4670_2015.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan praktek bernyanyi kelas VII di SMP Negeri 22 Padang yang difokuskan pada desain atau rancangan pembelajaran yang disusun guru dan pengimplementasiannya saat belajar yang dikaitkan dengan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah pembelajaran praktek bernyanyi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu beberapa alat penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dilakukan melalui mengklasifikasikan, mendeskripsikan data dan selanjutnya menganalisis serta disusun secara sistematik kemudian menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran yang disusun guru sebelum pembelajaran berdasarkan kurikulum KTSP dengan Standar Kompetensi: Mengekspresikan diri melalui karya seni musik; dan Kompetensi Dasar: Menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perorangan dan berkelompok. Akan tetapi pengimplementasiannya ke dalam proses belajar mengajar tidak sesuai dengan RPP yang dibuat oleh guru yang bersangkutan. Dalam pengimplementasian guru di dalam kelas siswa-siswa belum bisa mencapai tujuan yang diinginkan dan belum dapat mempraktekkan lagu dengan cara bernyanyi yang benar dan tepat. Dalam proses praktek bernyanyi di kelas VII-1 dan VII-8 tampak pada siswa tingkat kesulitan untuk mengaransir dan mempraktekkan lagu-lagu daerah Minangkabau tersebut. Sehingga tujuan pembelajaran yang sebenarnya yaitu; siswa dapat menyajikan lagu baik perseorangan maupun kelompok dengan ritme yang tepat, menyuarakan melodi, lirik dan terampil menyajikan lagu sesuai dengan tanda-tanda musik; tidak tercapai dengan sempurna dan mengalami ketidakseimbangan suara dalam praktek bernyanyi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:51
Last Modified: 07 Nov 2018 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item View Item