Meningkatkan Minat Siswa Laki-laki Melalui Pemilihan Materi Gerak Tari Dalam Kegiatan Pengembangan Diri di SMP Negeri 29 Padang

SUCIA, BENING HERFA (2016) Meningkatkan Minat Siswa Laki-laki Melalui Pemilihan Materi Gerak Tari Dalam Kegiatan Pengembangan Diri di SMP Negeri 29 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_BENING_HERFA_SUCIA_5082_2015.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 29 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan tentang pemilihan materi gerak tari mampu meningkatkan minat siswa laki-laki dalam kegiatan pengembangan diri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan responden yaitu di SMP Negeri 29 Padang, data penelitian yang lain dikumpulkan dengan menggunakan catatan lapangan, pengamatan yang diamati oleh teman sejawat. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan rumus persentase. Dari hasil penelitian ini dapat dijelaskan bahwa sebelum guru mata pelajaran Seni Budaya menggunakan pemilihan materi gerak tari yang tepat dalam proses pembelajaran siswa laki-laki tampak acuh tak acuh dalam menerima gerak tari , ada yang permisi saat guru mendemonstrasikan gerak, bahkan ada yang tidak kembali lagi saat belajar. Setelah guru mata pelajaran Seni Budaya menggunakan pemilihan materi gerak tari yang tepat dalam proses kegiatan pengembangan diri minat siswa laki-laki di SMP Negeri 29 Padang terhadap mata pelajaran Seni Budaya khususnya Seni Tari meningkat, hal ini dapat dilihat dari indikator minat (keinginan,perhatian dan partisipasi) setiap pertemuan. Pada saat jam pelajaran siswa mau melakukan gerak yang didemonstrasikan guru. Apabila mereka tidak mengerti, mereka berani menanyakan tentang kesulitan yang mereka temui kepada guru mata pelajaran dan yang permisi saat guru sedang mendemonstrasikan gerak sudah berkurang karena siswa laki-laki disekolah ini sudah berminat.Hal ini terjadi dikarenakan guru memberikan gerak tari silek galombang yang mempunyai karakter gerak patah-patah, tegas, kuat dan kokoh. Dan dapat terlihat dari pertemuan I sampai V keinginan (36%), perhatian (43%), dan partisipasi (38%) siswa telah terjadi peningkatan, dalam hal ini pengamatan terhadap meningkatkan minat siswa laki-laki masuk kedalam kategori baik (66,7 %)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:51
Last Modified: 07 Nov 2018 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19320

Actions (login required)

View Item View Item