Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Paduan Suara Unisono Di Kelas VII SMP N 1 Kuala Tungkal Jambi

Irwan, Azminarti (2016) Penggunaan Metode Drill dalam Pembelajaran Paduan Suara Unisono Di Kelas VII SMP N 1 Kuala Tungkal Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_AZMINARTI_IRWAN_18299_5178_2015.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode drill untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bernyanyi secara unisono pada kelas VII.D SMP N 1 Kuala Tungkal Jambi. Berdasarkan latar belakang perlu adanya pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran seni budaya sebagai perbandingan kualitas belajar di kelas. Pada kegiatan pembelajaran tahapan dan kinerja yang dilakukan oleh guru mata pelajaran masih kurang maksimal. Tampak dari cara mengajarkan sebuah lagu yang langsung menirukan atau mendemonstrasikan secara langsung lagu yang akan dinyanyikan. Dimana hal ini tidak memenuhi kriteria pembelajaran seni musik yang benar. Melalui penelitian ini diharapkan guru mampu melaksanakan tugasnya sebagai narasumber selain buku di dalam proses pembelajaran. Peningkatan kreativitas seorang guru harus dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian adalah siswa kelas VII.D SMP N 1 Kuala Tungkal Jambi. Siswa diberi pemahaman mengenai hal yang perlu di ketahui sebelum mempelajari sebuah lagu seperti teknik vokal yang baik, ketepatan membidik nada, ritme yang benar, serta penghayatan yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kualitas siswa pada saat bernyanyi unisono. Kegiatan pembelajaran berlangsung secara bertahap bersama kelompok yang dibentuk. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus pertama persentase jumlah siswa yang mampu mencapai KKM hanya lah 34,37% lebih dari setengah siswa masih belum mampu. Dengan menggunakan metode drill yang secara intensif guru membimbing setiap kelompok, pada siklus kedua peningkatan kemampuan bernyanyi dapat dilihat dari persentase menjadi 100% siswa mampu mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:50
Last Modified: 07 Nov 2018 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19318

Actions (login required)

View Item View Item