Motivasi Siswa SMP Negeri 4 Batusangkar terhadap Pembelajaran Seni Musik

Fadli, Azhari (2016) Motivasi Siswa SMP Negeri 4 Batusangkar terhadap Pembelajaran Seni Musik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_AZHARI_FADLI_12452_3578_2016.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Motivasi Siswa SMP Negeri 4 Batusangkar Terhadap Pembelajaran Seni Musik sehingga dapat dilihat motivasi siswa dalam pembelajaran seni musik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dikelas VIII.1 SMP Negeri 4 Batusangkar. Instrumen utama penulis lakukan pada penelitian ini dengan menggunakan beberapa alat bantu dalam pengumpulan data dilapangan seperti alat-alat tulis dan kamera foto. Hasil penelitian menyatakan bahwa motivasi siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 4 Batusangkar bisa dikatakan baik, baik dari motivasi instrinsik maupun ekstrinsik berdasarkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai. Pada tahap awal yang dilakukan oleh guru dalam usaha melihat motivasi siswa ini adalah dimulai dari prilaku, kemauan dan kesadaran siswa didalam kelas dalam pembelajaran bisa dikatakan baik karna terlihat dari dokumentasi yang telah dikumpulkan, kemudian membuat rancangan dan menyiapkan materi pembelajaran dan menerapkannya didalam kelas dengan menggunakan metode dan strategi yang tepat, yakni dengan mengenalkan bagian-bagian gitar, cara-cara menstem senar gitar dan mempraktekkan cara memainkan akord-akord mayor pada gitar agar menimbulkan motivasi ekstrinsik siswa terhadap pembelajaran seni musik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:50
Last Modified: 07 Nov 2018 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item