Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik dengan Model Pembelajaran Advanced Organizer : Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Padang

Anugrah, Ayu (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik dengan Model Pembelajaran Advanced Organizer : Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_AYU_ANUGRAH_4812_2015.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Advanced Organizer dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran seni musik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Padang Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Padang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Hipotesis diuji menggunakan uji-t dengan data berupa tes hasil akhir siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Advanced Organizer. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata hasil belajar Seni Musik siswa pada kelas eksperimen yaitu 80,15 dan pada kelas kontrol yaitu 74,39. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, Hasil perhitungan t tes dibandingkan dengan t tabel dengan df = (N-1) + (N-1)= 64. Berdasarkan t tabel untuk α 0,05 dengan df 64 adalah 1,66, ternyata t hitung > t tabel yaitu 3,06 >1,66. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Menggunakan model pembelajaran Advanced Organizer lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:49
Last Modified: 07 Nov 2018 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item