Pembentukan Karakter Anak di TK Al Ikhlas Lunto Kota Sawahlunto melalui Pembelajaran Lagu-lagu A.T Mahmud

Alfarisi, Asri (2015) Pembentukan Karakter Anak di TK Al Ikhlas Lunto Kota Sawahlunto melalui Pembelajaran Lagu-lagu A.T Mahmud. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ASRI_ALFARISI_2871_2015.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi adanya kegelisahan dari segenap bangsa Indonesia mengingat bahwa kondisi bangsa Indonesia masih jauh dari cita-cita yang diharapkan. Hal tersebut dilihat dari perilaku dan tindakan yang bahkan tidak berkarakter yang terjadi dilingkungan bangsa Indonesia. Salah satu penyebab merosotnya karakter anak bangsa dikarenakan lemahnya penerapan pendidikan karakter dalam meneruskan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Melihat fenomena tersebut, salah satu langkah antisipasif agar kondisi tersebut tidak berlarut semakin parah adalah dengan memberikan proses pembelajaran nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui lagu-lagu A.T Mahmud. Adapun alasan memberikan pembelajaran nilai-nilai karakter pada anak usia dini adalah mengingat anak usia dini mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum mengenai pembentukan karakter anak di TK Al Ikhlas Lunto Kota Sawahlunto melalui pembelajaran lagu-lagu A.T Mahmud. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilapangan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran lagu-lagu A.T Mahmud yang dilakukan di TK Al Ikhlas Lunto telah membuahkan hasil yang baik dalam membentuk nilai-nilai karakter pada anak. Hal tersebut dilihat dari perilaku-perilaku anak dalam melaksanakan pembelajaran lagu-lagu A.T Mahmud di TK tersebut. Perilaku-perilaku yang terbentuk didalam kegiatan pembelajaran lagu-lagu A.T Mahmud tersebut adalah semangat dan ceria dalam belajar, gigih/tekun, fokus/sungguh-sungguh, rasa ingin tau, percaya diri, serta bekerjasama/bersahabat. Selain itu perilaku anak didalam kegiatan rutin disekolah juga berangsur baik. Hal tersebut tidak lepas dari upaya guru yang selalu mengajak anak-anaknya untuk menerapkan nilai-nilai karakter yang disampaikan didalam lagu-lagu A.T Mahmud tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Nov 2018 01:49
Last Modified: 07 Nov 2018 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item