Peningkatan Partisipasi Siswa Melalui Status dan Peran dalam Pelaksanaan Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Seni Budaya pada Materi Seni Drama di Kelas X.1 SMA Negeri 9 Sijunjung

Yanimarheles, Anggrey (2015) Peningkatan Partisipasi Siswa Melalui Status dan Peran dalam Pelaksanaan Pembelajaran untuk Mata Pelajaran Seni Budaya pada Materi Seni Drama di Kelas X.1 SMA Negeri 9 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ANGGREY_YANIMARHELES_5295_2015.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar dengan memberikan penguatan status dan peran pada materi ajar seni drama di kelas X.1 SMA Negeri 9 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kaulitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk menerapkan pembelajaran dengan memberikan penguatan status dan peran kepada siswa untuk meningkatkan partisipasi belajar di kelas X.1 SMA Negeri 9 Sijunjung.Data diperoleh dengan pengamatan langsung dan studi kepustakaan. Data dianalisis berdasarkan fenomena yang terjadi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pelaksanaan pembelajaran di kelas X.1 SMA Negeri 9 Sijunjung Dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa dengan pemberian status dan peran menghasilkan hasil belajar yang sangat baik. Dengan keterlibatan siswa dari awal dan akhir pembelajaran seperti melibatkan siswa dalam perencanaan materi, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hingga akhir pembelajaran menjadikan siswa percaya diri dan bertanggung jawab atas tugas yang telah di berikan sehingga tidak ada lagi sikap saling mencemooh atau menertawakan antara siswa dan siswa saat belajar menjadi serius tetapi menyenangkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian pengutan status dan peran pada materi seni ajar drama bisa di terapkan guna untuk mengilangkan perilaku-perilaku siswa saat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:52
Last Modified: 06 Nov 2018 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item