Peningkatan Hasil Pembelajaran Bernyanyi di SMP Negeri 3 Pariaman

Zaeni, Ahmad (2015) Peningkatan Hasil Pembelajaran Bernyanyi di SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_AHMAD_ZAENI_2822_2015.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini berawal pada pelaksanaan pembelajaran bernyanyi, dimana ditemukan beberapa masalah yang timbul dalam pelaksanaannya yang dapat menghambat peningkatan pembelajaran bernyanyi siswa, yaitu dimana guru kurang mampu memaksimalkan penggunaan pendekatan, strategi, metode, teknik dan media pembelajaran sebagai suatu hal yang paling penting dalam pelaksanaan pembelajaran demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Rumusan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil pembelajaran bernyanyi di SMP Negeri 3 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang peningkatan hasil pembelajaran bernyanyi di SMP Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 3 pariaman. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan hasil pembelajaran bernyanyi dengan melaksanakan 2 siklus dengan tahapan-tahapan yang sudah direncanakan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peningkatan hasil pembelajaran bernyanyi di SMP Negeri 3 Pariaman mengalami keberhasilan dengan memaksimalkan penggunaan pendekatan, strategi, metode, teknik,dan media. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan setiap siklus, yaitu dimana pada siklus I persentase ketuntasan siswa hanya mencapai 35, 48% dengan nilai rata-rata kelas 66, 45 yang pada siklus II persentase ketuntasan naik menjadi 90,32% dengan nilai rata-rata kelas 77,90.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:51
Last Modified: 06 Nov 2018 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19279

Actions (login required)

View Item View Item