Studi Tentang Nama, Penempatan dan Makna Ukiran Taradisional Minangkabau pada Rumah Gadang Sicamin di Kanagarian Biaro Gadang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam

Joansa, Yurino (2015) Studi Tentang Nama, Penempatan dan Makna Ukiran Taradisional Minangkabau pada Rumah Gadang Sicamin di Kanagarian Biaro Gadang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_YURINO_JOANSA_00175_4041_2015.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Rumah gadang merupakan karya arsitektur tradisional dalam bentuk artefak yang lahir dari kecerdasan lokal masyarakat pendukung kebudayaan Minangkabau. Berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan upacara adat sekaligus tempat tinggal dan pendidikan bagi kaum perempuan. Pada dindingnya dihiasi dengan ukiran nan bamego-mego. Ukiran Minangkabau merupakan salah satu kebudayaan berbentuk ragam hias tradisional. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang mengatur tatanan sosial kehidupan masyarakat Minangkabau. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana bentuk, makna dan penempatan ukiran tradisional pada dinding rumah gadang Sicamin. Tujuan penelitian ini untuk : 1) mendeskripsikan nama ukiran tradisional Minangkabau yang terdapat pada dinding rumah gadang Sicamin, 2) mendeskripsikan penempatan ukiran tradisional Minangkabau yang terdapat pada dinding rumah gadang Sicamin, 3) menjelaskan makna ukiran tradisional Minangkabau yang terdapat pada dinding rumah gadang Sicamin. Penelitian ini berlokasi di kenagarian Biaro Gadang kecamatan Ampek Angkek kabupaten Agam, tepatnya di rumah gadang Sicamin, dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian ditemukan tiga puluh nama ukiran dari empat puluh bentuk ukiran tradisional di dinding rumah gadang Sicamin. Serta ditemukan dua puluh lima makna ukiran dari tiga puluh nama ukiran di dinding rumah gadang Sicamin. Seluruh nama dan bentuk ukiran ini dibuat dalam bidang besar dan kecil dengan jumlah lebih kurang seribu empat ratus lima bidang dan ditempatkan secara vertikal, horizontal dan diagonal pada seluruh permukaan dinding rumah gadang kecuali bagian belakang badan rumah gadang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:51
Last Modified: 06 Nov 2018 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19271

Actions (login required)

View Item View Item