Studi Tentang Bentuk, Nama dan Penempatan Motif Ukiran Rumah Seratus Tiang di Desa Sugih Waras Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan

Hartini, Yuli (2016) Studi Tentang Bentuk, Nama dan Penempatan Motif Ukiran Rumah Seratus Tiang di Desa Sugih Waras Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_YULI_HARTINI_1201086_3464_2016.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk motif ukiran Rumah Seratus Tiang di Desa Sugih Waras, untuk menjelaskan nama dan penempatan motif ukiran pada Rumah Seratus Tiang di Desa Sugih Waras kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Penelitian ini berlokasi di Sugih Waras kecamatan Teluk Gelam kabupaten Ogan Komering Ilir, tepatnya di rumah seratus tiang, dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian Rumah Seratus Tiang adalah Rumah adat Kayuagung yang mempunyai bentuk, nama dan ditempatan di berbagai tempat seperti ukiran: (1) Selampit Garang, Bunga Mawar Serumpun dan Tabur Bunga diletakkan pada pagar depan teras (2) Gelinak Lidah diletakkan di tiang penyanggah rumah (3) Lidah Api diletakkan di atas tiang penyanggah rumah (4) Bintang Kejora diletakkan di atas plafon rumah (5) Daun Manggis diletakkan di atas lemari rek (6) Bunga Tulip diletakkan di kiri dan kanan pintu masuk ruang tengah (7) Daun Kipas diletakkan di penutup pintu rek lemari (8) Matahari Terbit diletakkan di pintu masuk ruang tengah bagian atas (9) Tangkai Melati diletakkan di atas rek (10) Belalai Gajah diletakkan di samping kiri dan kanan pintu ruang tengah (11) Tabur Bunga diletakkan di atas pintu bagian tengah (12) Lidah Api (cina) diletakkan di pembatas pintu masuk ruang tengah (13) Bunga Inton diletakkan di setiap bagian dinding rumah (14) Teratai diletakkan di tengah rek (lemari). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Rumah Seratus Tiang adalah rumah adat Sugih Waras yang banyak mempunyai beranekaragam bentuk nama dan penempatan motif ukiran yang ditempatkan di berbagai tempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:50
Last Modified: 06 Nov 2018 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item