Studi Tentang Bentuk, Fungsi, dan Makna Pakaian Adat Pangulu Kanagarian Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Propinsi Sumatra Barat

Hanifah, Urfi (2015) Studi Tentang Bentuk, Fungsi, dan Makna Pakaian Adat Pangulu Kanagarian Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Propinsi Sumatra Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_URFI_HANIFAH_5031_2015.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Sungai Janiah yang kurang mengetahui ciri khas dari bentuk pakaian adat Pangulu daerahnya sendiri. Pangulu tidak mengetahui dengan baik fungsi serta makna dari pakaian yang digunakan, sehingga banyak dari para Pangulu tersebut yang kurang bertanggungjawab dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pakaian adat, fungsi dan makna yang terkandung dalam pakaian adat Pangulu Kanagarian Sungai janiah, agar lebih diketahui oleh seorang pangulu dan dikenal masyarakat. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, obyek yang diteliti adalah pakaian adat Pangulu di Kanagarian Sungai Janiah, Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Propinsi Sumatra Barat. Data yang diambil bersumber dari hasil observasi dan informan yang mengetahui dengan baik tentang pakaian adat Pangulu, yaitu para Pangulu, anggota kaum, wali nagari dan masyarakat. Data tersebut diolah dan diteliti berbentuk catatancatatan tertulis (rekaman gambar) yang berasal dari informan yang diwawancarai, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pakaian adat Pangulu Kanagarian Sungai Janiah terdiri dari beberapa perangkat yaitu deta, baju lapang, salendang, sarawa lapang, sesampiang, cawek, keris, tungkek dan tarompa. Ciri khasnya terletak pada deta atau penutup kepala yang berbentuk gonjong rumah gadang. Baju dan celana yang digunakan tidak memiliki motif ataupun ornament. Pakaian adat Pangulu memiliki fungsi fisik sebagai pelindung, berfungsi sebagai identitas, dan fung si sosial. Pakaian adat Pangulu juga mengandung makna yang berupa tugas-tugas Pangulu, sikap seorang Pangulu, serta larangan bagi seorang Pangulu. Pakaian tersebut bermakna keluasan pikiran seorang Pangulu. Pangulu haruslah seorang yang berilmu, memahami dengan baik apa yang di maksud dengan adat dan segala aturan-aturannya. Mampu bermasyarakat dan menjadi contoh bagi anggota kaum. Agar pakaian adat Pangulu Kanagarian Sungai Janiah lebih dikenal oleh masyarakatnya disarankan kepada pihak pemerintah untuk lebih mempublikasikan pakaian adat dengan cara mengadakan acara budaya yang melibatkan masyarakat nagari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:50
Last Modified: 06 Nov 2018 06:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19261

Actions (login required)

View Item View Item