Yuza, Ramendra (2016) Studi Tentang Bentuk dan Penempatan Motif Ukiran pada Rumah Gadang Alang Babega dan Rumah Gadang Dt. Rajo Bagindo Malano di Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
5_A_RAMENDRA_YUZA_1106075_3241_2016.pdf Download (21kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kurangnya pengetahuan, perhatian dan informasi masyarakat khususnya di Batusangkar mengenai bentuk dan penempatan motif ukiran pada Rumah Gadang Alang Babega dan Rumah Gadang Dt. Rajo Bagindo Malano.Tujuan penelitian ini ialah untuk: Mendeskripsikan 1) bentuk motif ukiran 2) penempatan motif ukiran 3) perbedaan bentuk dan penempatan motif ukiran di Rumah Gadang Alang Babega dan Rumah Gadang Dt. Rajo Bagindo Malano. Teori yang digunakan adalah teori tentang budaya, Rumah Gadang, ukira, bentuk dan penempatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi Penelitian di di jorong Kampuang Tangah dan jorong Koto Gadih di Batusangka Sumatera Barat. Subjek penelitian adalah informan yang mengerti tentang objek penelitian. Sumber data berupa data catatan tertulis, rekaman gambar, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif ukiran pada Rumah Gadang Alang Babega dan Rumah Gadang Dt. Rajo Bagindo Malano bersumber dari bentuk flora, fauna dan geometris. Nama-nama motif yang terdapat pada Rumah Gadang Alang Babega adalah : aka cino, lapiah duo, lapiah ampek, daun bodi, kaluak paku marunduak, sikambang manih, salimpat, daun puluik-puluik, kuciang lalok, pucuak rabuang, tantadu manyosok bungo, ruso balari dalam ransang, bada mudiak, itiak pulang patang, siku-siku jo bungolado, buah palo patah, saik galamai, carano kanso, ramo-ramo sikumbang jati. Penempatan ukiran ini berada pada bagian: lambai-lambai, panutuik tiang, pintu masuak, jendela, pereng, bandua, papan banyak, redeng suduik, dompa-dompa, salngko, papan tarawang dan singok. Nama-nama motif yang terdapat pada Rumah Gadang Dt. Rajo Bagindo Malano adalah : aka cino, sikambang manih, itiak pulang patang, lapiah duo lapiah ampek, cacak kuku, tupai managun, pucuak rabuang, saik galami, tirai bungo kunyik, kipeh cino. Penempatan ukiran ini berada pada bagian: lambailambai, panutuik tiang, pintu masuak, jendela, bandua, papan banyak, redeng suduik, dompa-dompa, salngko, papan tarawang dan singok. Kesimpulan motif ukiran Rumah Gadang Alang Babega dan Rumah Gadang Dt. Rajo Bagindo Malano bersumber dari flora, fauna, dan geometris. Penempatan motif ukiran pada Rumah Gadang Alang Babega berada pada bagian dinding tapi, singok dan dindiang hari, dan penempatan motif ukiran pada rumah Gadang Dt. Rajo Bagindo Malano berada pada bagian dinding tapi dan singok. Disarankan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti tentang filosofi makna ukiran pada Rumah Gadang agar semakin lengkap informasi tentang ukiran Rumah Gadang di Batusangkar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 06:49 |
Last Modified: | 06 Nov 2018 06:49 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19254 |
Actions (login required)
View Item |