Wulandari, Dedta (2016) Minat Belajar Siswa Tunagrahita Ringan pada Pembelajaran Seni Rupa di SLB Fan Redha Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
5_A_DEDTA_WULANDARI_1101077_2571_2016.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan pembelajaran seni rupa di SLB Fan Redha Padang terlihat siswa yang sering meribut, keluar masuk kelas, kurang serius, tidak membawa perlengkapan dan tidak mengerjakan tugas. Sesuai dengan permasalahan tersebut, dilaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan minat belajar siswa tunagrahita ringan pada pembelajaran seni rupa di SLB Fan Redha Padang. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita ringan SLB Fan Redha Padang yang berjumlah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa kelas III, IV, V dan kelas VI SLB Fan Redha Padang. Dalam penelitian ini teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yang didasarkan karena pembelajaran bagi kelas I dan kelas II lebih mengutamakan terapi dan pengumpulan asessment, sehingga masalah dan kebutuhan pembelajaran siswa dapat diberikan dengan tepat. Data penelitian terdiri dari data primer yaitu diambil dari hasil panduan wawancara langsung kepada siswa tunagrahita ringan SLB Fan Redha Padang tentang minat belajar siswa pada pembelajaran seni rupa. Berdasarkan pengolahan data penelitian di lapangan, diperoleh hasil sebagai berikut; 1) perasaan senang pada pembelajaran seni rupa sangat baik (64,0%), 2) ketertarikan siswa pada pembelajaran seni rupa sangat baik (64,0%), 3) perhatian siswa pada pembelajaran seni rupa sangat baik (52,0%), 4) keterlibatan siswa pada pembelajaran seni rupa sangat baik 56,0% 5) bahan pelajaran dan sikap guru pada pembelajaran seni rupa berada pada baik dan sangat baik (44,0%), 6) minat belajar siswa tunagrahita ringan pada pembelajaran seni rupa di SLB Fan Redha Padang sangat baik (52,0%). Artinya, minat belajar siswa tunagrahita ringan pada pembelajaran seni rupa di SLB Fan Redha Padang secara keseluruhan sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian minat belajar siswa tunagrahita ringan pada pembelajaran seni rupa di SLB Fan Redha Padang sangat baik. Kondisi siswa yang sering meribut, keluar masuk kelas, kurang serius, tidak membawa perlengkapan dan tidak mengerjakan tugas secara individu itu disebabkan oleh faktor lain yang mempengaruhinya, bukan karena minat belajar siswa yang tidak baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 06:47 |
Last Modified: | 06 Nov 2018 06:47 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19224 |
Actions (login required)
View Item |