Studi Tentang Kecenderungan Objek Rumah Gadang pada Lukisan Naturalis Kamal Guci

Gustina, Anita (2015) Studi Tentang Kecenderungan Objek Rumah Gadang pada Lukisan Naturalis Kamal Guci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_ANITA_GUSTINA_1101085_5298_2015.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Sumatra Barat memiliki tokoh seniman yang masih eksis dalam berkarya. Beberapa seniman melukis dengan mengeksplorasikan berbagai tema, konsep, medium, gaya serta proses dan teknik yang digunakan. Namun masih terdapat tokoh seniman yang eksis melukiskan dengan tema kebudayaan yakni semarak alam Minangkabau dan kerisauan Minangkabau dengan menvisualkan objek Rumah Gadang hampir pada setiap lukisannya, serta tetap eksis dengan pendekatan corak naturalisme. Satu diantaranya adalah Kamal Guci. Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan: 1) Latar Belakang 2) Makna simbolik 3) Teknik dan proses penciptaan karya lukisan Kamal Guci yang cenderung menvisualkan objek Rumah Gadang. Teori yang digunakan adalah teori tentang budaya, Rumah Tradisional Minangkabau (Rumah Gadang), Simiotika, estetika, pengertian seni lukis, aliran seni lukis, corak naturalisme, proses penciptaan, hubungan seni dan Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik snowball dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di kecamatan Enam Lingkung Pakandangan, kabupaten Padang-Pariaman. Subjek penelitian adalah informan yang mengerti tentang karya seni lukis (pengamat seni) dan budayawan. Sumber data berupa data primer (catatan tertulis dan lukisan) dan data sekunder (studi kepustakaan). Berdasarkan hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa latar belakang Kamal Guci cenderung menvisualkan objek Rumah Gadang pada lukisannya dipengaruhi oleh kecemasan dan kegelisahan Kamal Guci terhadap Budaya dan lingkungan alam Minangkabau. Makna simbolik yang terdapat pada lukisan Nagari, Bajamba, Penyebrangan, Badai, Robohnya Surau ku, Terabaikan yaitu tentang perubahan yang terjadi di Minangkabau, simbol objek Rumah Gadang sebagai identitas kebudayaan Minangkabau. Kemudian juga terungkap bahwa proses penciptaan lukisan Kamal Guci melalui tahap eksplorasi, Improvisasi, forming, finishing dengan memakai gaya naturalis. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi oleh mahasiswa dan menambah ilmu penegetahuan, untuk seniman Sumatra Barat selalu berkarya tanpa meninggalkan identitas Minangkabau diharapkan ada penelitian lebih lanjut tentang seniman Sumatra Barat untuk mengkaji suatu permasalahan yang disampaikannya dalam bentuk visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:44
Last Modified: 06 Nov 2018 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19220

Actions (login required)

View Item View Item