Arnida, Yuni (2015) An Analysis of Structure of Personal Recount Produced by Post-Adults at Panti Sosial Tresna Werdha Sabai nan Aluih, Sicincin, Pariaman

Ziazharina, Ziazharina (2015) Arnida, Yuni (2015) An Analysis of Structure of Personal Recount Produced by Post-Adults at Panti Sosial Tresna Werdha Sabai nan Aluih, Sicincin, Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_ZIAZHARINA_15748_5090_2015.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendiskripsikan tipe-tipe tindak tutur komisif dan menemukan tipe tindak tutur komisif yang paling banyak digunakan oleh salah satu anak penderita autis yang bersekolah di Sekolah Autis Yayasan Mitra Ananda. Latar belakang makalah ini adalah manusia dalam berkomunikasi memerlukan tindak tutur komisif untuk meyakinkan pendengar bahwa pembicara akan melakukan sesuatu sesuai dengan yang dikatakan sebelumnya. Bagi anak normal pada tingkat pra akademik tidak akan mengalami kesulitan dalam menuturkan kata komisif. Berbeda dengan anak penderita autis. Dalam keterbatasan kemampuan otaknya, anak autis mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan menggunakan struktur bahasa yang tepat dan benar. Makalah ini menggunakan metode deskriptif. Makalah ini mengambil 6 kali rekaman dialog antara anak autis dengan pengajar ketika proses belajar mengajar sebagai data, yaitu ujaran-ujaran yang mengandung kata komisif. Makalah ini memakai teori Searle (1976) yang menyebutkan ada enam tipe tindak tutur komisif yaitu berjanji, menjamin, penolakan, ancaman, penawaran, dan sukarela. Dari hasil penelitian terlihat bahwa 39 ujaran komisif dengan rinciannya: 3 ujaran berjanji (7.7%), 3 ujaran menjamin (7.7%), 27 ujaran penolakan (69.2%), 1 ujaran ancaman (2.6%), 3 ujaran penawaran (7.7%), dan 2 ujaran sukarela (5.1%). Tindak tutur komisif dengan ujaran penolakan adalah tindak tutur komisif yang paling banyak diucapkan oleh salah satu anak penderita autis tingkat praakademik di Sekolah Autis Yayasan Mitra Ananda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:08
Last Modified: 05 Nov 2018 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item