An Analysis of Structure of Personal Recount Produced by Post-Adults at Panti Sosial Tresna Werdha Sabai nan Aluih, Sicincin, Pariaman

Arnida, Yuni (2015) An Analysis of Structure of Personal Recount Produced by Post-Adults at Panti Sosial Tresna Werdha Sabai nan Aluih, Sicincin, Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_YUNI ARNIDA_1518_2015.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelengkapan unsur cerita berdasarkan pengalaman masa lalu oleh para lansia dan melihat perbedaan susunan yang dihasilkan oleh lansia pria dan wanita. Penelitian ini termasuk dalam Kajian Wacana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik elisitasi. Data penelitian ini adalah 20 kumpulan cerita masa lalu oleh para lansia yang dikategorikan dalam dua jenis: 10 pengalaman menyenangkan dan 10 pengalaman menyedihkan. Dan dianalisis dengan cara dikelompokkan berdasarkan gender dan jenis cerita. Setelah itu, barulah dilihat bagaimana susunan cerita tersebut dirangkai oleh para lansia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 cerita pengalaman masa lalu oleh lansia, sebagian besar lansia pria mempunyai kelengkapan unsur yang lebih terarah dan sistematik dibandingkan lansia wanita dalam menceritakan ulang pengalaman masa lalu. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari: 1). Kelengkapan unsur cerita seperti pembuka, isi dan penutup dan 2). Kelinearan setiap kejadian seperti kronologi, sorot balik dan maju mundur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:08
Last Modified: 05 Nov 2018 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19201

Actions (login required)

View Item View Item