An Analysis of Directive Speech Acts Produced by a Student with Autism Spectrum Disorders (ASDs): A Case of a Student with ASDs at an Inclusive Class in SMPN 23 Padang

Astari, Yanisha Dwi (2015) An Analysis of Directive Speech Acts Produced by a Student with Autism Spectrum Disorders (ASDs): A Case of a Student with ASDs at an Inclusive Class in SMPN 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_YANISHA_DWI_ASTARI_5481_2015.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Seorang anak autis memiliki keterbatasan dan menunjukkan karakteristik bahasa komunikasi yang berbeda dari anak-anak normal lainnya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui salah satu bentuk komunikasi sehari-hari yang diproduksi oleh satu orang murid autis di SMPN 23 Padang, yaitu bentuk tindak tutur direktif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif yang menekankan pada pendeskripsian fenomena bahasa yang diproduksi anak autis. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi terhadap satu orang murid autis selama sembilan hari di ruang inklusi SMPN 23 Padang. Berdasarkan penelitian, subjenis tindak tutur direktif yang diproduksi berupa pernyataan kebutuhan sebanyak 2 data (1.43%), bentuk perintah sebanyak 70 data (50%), direktif izin sebanyak 19 data (13.57%), direktif pertanyaan sebanyak 26 data (18.57%), dan petunjuk sebanyak 23 data (16.43%). Temuan penelitian yang dapat disimpulkan bahwa subjenis direktif yang paling sering digunakan oleh murid autis tersebut di SMPN 23 Padang adalah bentuk perintah. Ia juga cenderung memproduksi subjenis direktif perintah, bentuk ujaran yang sederhana, dan telegrafik. Kecenderungan ini menyerupai karakteristik bahasa yang dibawa oleh anak-anak pada tahap awal perkembangan bahasanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:08
Last Modified: 05 Nov 2018 09:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19195

Actions (login required)

View Item View Item