The Defensiveness in Short Story Private Experience (2008) by Chimamanda Ngozi Adichi and Signs and Symbols (2008) by Vladimir Nabokov

Rahayu, Shekar (2016) The Defensiveness in Short Story Private Experience (2008) by Chimamanda Ngozi Adichi and Signs and Symbols (2008) by Vladimir Nabokov. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_SHEKAR_RAHAYU_00148_3887_2016.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Makalah ini merupakan analisa cerpen Private Experience (2008) karya Chimamanda ngozi Adichi dan Signs and Symbols (2008) karya Vladimir Nabokov. Permasalahan yang dibahas dalam analisa ini adalah sejauh mana kedua cerpen ini merefleksikan mekanisme pertahanan diri. Analisa ini menerapkan textbased interpretation yang mempertimbangkan unsur-unsur di dalam teks secara spesifik sehingga memberikan kontribusi dalam pengungkapan makna. Selanjutnya penganalisaan novel ini dilakukan dengan menggunakan fictional devices. Tujuan analisa ini adalah (1) menganalisa sejauh mana kedua cerpen ini merefleksikan the defensiveness, (2) menunjukkan kontribusi elemen fiksi (fictional devices) dalam mengungkap the defensiveness pada kedua cerpen ini. Data penelitian ini adalah teks tertulis yang dikutip dari kedua cerpen. Kutipan teks tersebut kemudian diinterpretasikan dianalisa menggunakan elemen fiksi fictional devices (characters, setting and plot) lalu dikaitkan dengan konsep psychoanalysis oleh Freud. Hasil analisa menunjukkan bahwa para karakter mengalami gejala yang muncul sebagai akibat dari permasalahan yang terpendam di alam bawah sadar mereka. Hal ini terbukti dari empat gejala yang timbul yaitu: rationalisation, replacement, dissacisiaion, dan repression. Gejala-gejala tersebut muncul diluar keinginan karakter hanya dengan pemicu kecil, namun dapat mempengaruhi kestabilan mental para karakter. Dampak jangka panjang dari mekanisme pertahanan diri inilah yang akhirnya mengganggu aktivitas dan keseharian para karakter dalam berinteraksi sebagai makhluk sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:07
Last Modified: 05 Nov 2018 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19183

Actions (login required)

View Item View Item