An Analysis of Expressive Act in Facebook Comments found in Fan page Jonru

Wulandari M, Misi (2015) An Analysis of Expressive Act in Facebook Comments found in Fan page Jonru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_MISI_WULANDARI_M_54643_4974_2015.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendiskripsikan tipe-tipe ekspresif dan menemukan jenis emosi yang digunakan dalam mengutarakan pendapat di Fan page Jonru. Dari sudut pandang linguistik, Fan page Jonru sangat menarik untuk diamati karena banyaknya ungkapan bahasa dan beragam jenis emosi yang ditemukan dari berbagai kalangan orang. Analisis makalah ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah komentar-komentar yang di ujarkan dalam postingan Jonru yang diambil dari facebook. Adapun 10 ekspresif yang terdapat dalam fan page Jonru, yaitu:ungkapan positif ekspresif (terimakasih, pujian, permohonan maaf, ucapan selamat, penyesalan) dan negatif ekspresif (kritikan, menyakitkan, ketidaksukaan, dukacita, menyalahkan). 6 jenis emosi yang dianalisis dalam expresif adalah: marah, jijik, muak, bahagia, sedih, heran). Dari hasil analisis terlihat bahwa 264 ekspresif dari posting Jonru yang banyak mendapat komentar di Fan page Jonru, yang rinciannya dari 5 positif ekspresif: ungkapan terimakasih, pujian, permohonan maaf, ucapan selamat, dan penyesalan dan 5 negatif ekspresif: kritikan, menyakitkan, ketidaksukaan, dukacita, menyalahkan. Negatif ekspresif adalah kategori dari ekspresif yang paling banyak ditemukan dalam Komentar di Facebook dalam Fan Page Jonru dibandingkan positif ekspresif. Keenam jenis ungkapan emosi juga banyak ditemukan di negatif expresif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Nov 2018 09:07
Last Modified: 05 Nov 2018 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/19159

Actions (login required)

View Item View Item