Fadhliah, Eliza (2015) Types of Illocutionary Acts Found in Samsung Gadget Slogan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
4_A_ELIZA_FADHLIAH_1651_2015.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Makalah ini bertujuan untuk menganalisis bentuk – bentuk ilokusi yang terdapat pada iklan produk Samsung. Makalah ini juga dapat dikelompokkan berdasarkan kajian pragmatik yang diklasifikasikan menjadi representatif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data pada penelitian ini adalah slogan – sogan yang terdapat pada gadget Samsung. Data dianalisis dengan cara mengelompokkan setiap slogan berdasarkan tahun produk tersebut dikeluarkan. Setelah itu, slogan pada setiap produk diklasifikasikan berdasarkan tipe – tipe tindak ilokusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 43 buah slogan dari gadget Samsung yang dapat diklsifikasikan ke dalam tipe – tipe tindak ilokusi seperti representatif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif. Dari 43 slogan yang ditemukan, 15 (34.9%) merupakan data dari direktif. Pada tindak ilokusi ini, penutur menyampaikan sesuatu bertujuan untuk mempengaruhi pendengar untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, makna yang terdapat di dalam direktif juga memiliki tujuan yang sama dengan slogan, yaitu bertujuan agar pelanggan terpengaruh dan tertarik dengan produk yang ditawarkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 09:18 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 09:18 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18842 |
Actions (login required)
View Item |