Pendidikan Multikultural Transformatif dalam PIPS: Sebuah Alternatif Menuju Masyarakat Madani

Isnarmi, Isnarmi (2006) Pendidikan Multikultural Transformatif dalam PIPS: Sebuah Alternatif Menuju Masyarakat Madani. In: Pendidikan IPS sebagai Wahana Memupuk Modal Sosial Nasional, 5 Agustus 2006, Universita Pendidikan Indonesia.

[img]
Preview
Text
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Satu diantara kekayaan bangsa Indonesia yang tergolong unik adalah kemajemukan masyarakat dari segi etnik, bahasa, dan agama yang bersatu dalam wadah negara kesatian Republik Indonesia. Perjalanan sejarah bangka membuktikan sering kali gejolak dan pertikaian antar memperlihatkan arah sebaliknya, yang tampak pada kecenderungan meningkatkan keinginan sekelompok masyarakat untuk memisahkan diria dari negara kesatuan Republik Indonesia. kondisi ini dapat ditenggarai sebagai langkah mundur untuk menuju masyarakat nadani Indonesia yang religius, bersatu, adil dan sejahtera. Atas dasar fenomena ini muncul pertanyaan apa dalam satu Negara Kesatuaqn bersama kelompok lain? dan bagaimana solusi yang dapat ditempuh untuk mencegah gejala negatif tersebut. Makalah ini mencoba menjawab persoalan tersebut melalui pembahasan tentang pendidikan multikultural transformatif dalam PIPS. Pendidikan ini memiliki karakteristik antara laian: 1) dikembangkan berdasarkan fenomena hubungan konflik antar etnik di Indonesia. 2) beroriantasi pada filsafat dan konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia, 3) Menggunakan pendekatan kritis-transformatif, dan 4) bersifat multidisiplin

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Apr 2016 03:08
Last Modified: 27 Apr 2016 03:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item