Delvita, Gia (2015) Using Self-Explaining Strategy in Teaching Reading Comprehension at Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
3_GIA_DELVITA_4859_2015.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Lemahnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada pelajaran bahasa inggris di SMA disebabkan oleh beberapa faktor yakni kurangnya/lemahnya pengetahuan siswa mengenai kosakata baru, kurangnya latar belakang pengetahuan siswa mengenai teks, serta strategi yang masih kurang tepat dipakai oleh guru. Untuk mengatasi masalah-masalah dalam pembelajaran membaca dibutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang tepat. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan sebuah strategi pembelajaran membaca yang dikenal sebagai strategi “self-explaining”. Strategi ini mendorong siswa membuat penjelasan dengan bahasa mereka sendiri mengenai bacaan. Guru dapat memulai pelajaran dengan membangun background knowledge siswa mengenai topik pelajaran dan memberi penjelasan dan contoh cara membuat “selfexplanation”. Guru kemudian membimbing siswa membuat self-explanation mereka sendiri baik lisan maupun tulisan. Hasil pekerjaan siswa digunakan sebagai bantuan menjawab pertanyaan yang telah disediakan guru. Penggunaan strategi ini diharapkan bisa membantu siswa dalam memahami bacaan karena strategi ini melatih siswa membuat penjelasan logis dan sederhana mengenai bacaan. Kesulitan yang dialami siswa dalam memahami bacaan diharapkan akan terbantu dengan penggunaan strategi ini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 07:41 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 07:41 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18786 |
Actions (login required)
View Item |