Using Scene of Wildlife Documentary Video on National Geographic Channel (NGC) for Teaching Speaking a Descriptive Text to the 8th Grade of Junior High School Students

Shania, Shania (2015) Using Scene of Wildlife Documentary Video on National Geographic Channel (NGC) for Teaching Speaking a Descriptive Text to the 8th Grade of Junior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_SHANIA_1105956_3454_2016.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan scene dari Wildlife Documentary Video dalam National Geographic Channel (NGC) sebagai media dalam pengajaran speaking dalam teks descriptive pada siswa menengah pertama. Hal ini dilatarbelakangi masalah dihadapi oleh siswa yaitu mereka kesulitan dalam mengungkapkan dan mengembangkan ide ,kurangnya rasa percaya diri dalam speaking karena kurangnya pengetahuan dalam skill berbahasa seperti belum memadainya vocabulary dan grammar siswa , dan kurang menarikanya media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini membuat mereka tidak bersemangat dan tidak termotivasi untuk berbicara. Untuk mengatasi masalah ini seorang guru harus mencari dan menggunakan strategi yang cocok dalam mengajar speaking Penggunaan scene dari video ini membantu siswa untuk melihat bagaimana penutur asli berbicara dan mendeskripsikan sesuatu dengan sederhana dan tepat. Scene dari video dukumenter NGC dipilih sebagai mareri pengajaran speaking dalam teks descriptive karena video ini memiliki kriteria sebagai bahan ajar yang otentik dan menarik bagi siswa menengah pertama.Selain siswa dapat belajar “dari” dan “dengan” video sebagai bagian dari teknologi.Dari video siswa mendapatkan pembelajaran dan dengan menggunakan video siswa dapat membantu siswa memahami materi pelajaran untuk mengembangkan idenya.Melalui video dokumenter NGC,siswa juga dapat mempelajari vocabulary dan grammar dari penutur aslinya.Video juga merupakan media yang baik karena memasukkan unsur visual dan aural yang dapat memancing perhatian siswa dan memperkuat memori dalam mendapatkan informasi.Oleh karena itu,penggunaan video dokumenter NGC ini merupakan salah satu alternatif pengajaran yang menguntungkan siswa dalam mendukung penguasaan speaking .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:39
Last Modified: 19 Oct 2018 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18742

Actions (login required)

View Item View Item