The Use of Classroom Language by the Student-Teachers in Microteaching Class of English Department in State University of Padang

Ramadhiyah, Sa’adah (2016) The Use of Classroom Language by the Student-Teachers in Microteaching Class of English Department in State University of Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_SA'ADAH_RAMADHIYAH_1100937_2684_2016.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meupakan penelitian tentang classroom language yang digunakan guru dalam situasi tertentu selama proses belajar mengajar didalam kelas. Namun, didalam penelitian ini, classroom language yang diteliti adalah classroom language yang digunakan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Microteaching. Ada beberapa hal yang diteliti dalam penelitian ini yang pertama adalah kategori classroom language tersebut, yang kedua kategori paling dominan yang digunakan dan yang terakhir yaitu ungkapan-ungkapan yang digunakan oleh mahasiswa berdasarkan setiap kategori classroom language tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan instrument tambahan yaitu kamera dan buku catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengambil kelas Microteaching sudah menggunakan semua kategori classroom language. Namun, ada salah satu subkategori yang tidak digunakan oleh mahasiswa Microteaching, yaitu memberi respon terhadap kesalahan siswa (giving feedback to students’ mistake). Peneliti juga menemukan bahwa kategori classroom language dominan yang digunakan mahasiswa Microteaching dalam mengajar adalah memberikan insruksi (simple instruction). Selain itu, terdapat kurangnya variasi ungkapan yang digunakan untuk beberapa kategori classroom language, diantaranya adalah ungkapan salam (greeting) dan pamit (leave taking/farewell). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang mengambil Microteaching sebaiknya menggunakan ungkapan classroom language yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2018 07:39
Last Modified: 19 Oct 2018 07:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item View Item