Using Problem-Based Learning in Teaching Writing an Analytical Exposition Text in Senior High School

Yana, Rahmi (2015) Using Problem-Based Learning in Teaching Writing an Analytical Exposition Text in Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_RAHMI_YANA_54592_1780_2015.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Makalah ini ditulis untuk menjelaskan penggunaan Problem-Based Learning (PBL) dalam pengajaran menulis (writing) teks analytical exposition untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Ada beberapa kesulitan yang dihadapi siswa saat menulis, khususnya teks analytical exposition, diantaranya adalah 1) siswa tidak mempunyai kosakata yang cukup berkaitan dengan topik; 2) siswa sulit mengembangkan ide-ide mereka; 3) siswa tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang genre teks sehingga sulit untuk membedakan yang satu dengan yang lainnya. Pada makalah ini penulis mengajukan Problem-Based Learning sebagai strategi dalam pembelajaran menulis teks analytical exposition yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan ide dan opini mereka sehingga mampu menghasilkan teks yang baik. PBL menggunakan masalah sebagai fasilitas dalam proses pembelajaran, sehingga siswa diharapkan mampu berpikir kritis dan mengembangkan ide-ide mereka dalam bentuk pendapat yang bisa diterima dan didukung dengan alasan berdasarkan fakta. Berdasarkan Kurikulum 2013, proses pembelajaran terdiri dari lima tahap, observing, questioning, exploring/ experimenting, associating, dan communicating. PBL diimplementasikan pada dua langkah pertama dari proses pembelajaran. Pada tahap pertama, observing, guru menyediakan beberapa topik permasalahan yang hangat dibicarakan di masyarakat dan meminta siswa memberikan pendapat mereka terhadap permasalahan tersebut. Pada tahap kedua, questioning, siswa diminta mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang dibicarakan. Aktivitas ini bisa dilakukan antara siswa dengan guru maupun antara siswa dengan siswa lainnya. Melalui kedua langkah ini, siswa diharapkan mampu mengembangkan ide dan pengetahuan tentang bagaimana memberikan pendapat dengan alasan yang bisa diterima dan meyakinkan pembaca bahwa permasalahan tersebut layak untuk diketahui. Sehingga pada akhirnya siswa mampu menulis teks analytical exposition dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:42
Last Modified: 18 Oct 2018 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18703

Actions (login required)

View Item View Item