Students’ Ability in Writing The Short Biography Texts at SMAN 1 Pariaman in the 2015/2016 Academic Year

Putri, Rahmadila Eka (2016) Students’ Ability in Writing The Short Biography Texts at SMAN 1 Pariaman in the 2015/2016 Academic Year. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_RAHMADILA_EKA_PUTRI_1106007_3400_2016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang kemampuan menulis teks biografi sederhana oleh siswa kelas XI SMA berdasarkan dua aspek terkait kemampuan menulis yaitu struktur teks dan struktur kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menulis teks biografi sederhana. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Pariaman tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 1 kelas unggul (XI.IIS.1) dan 2 kelas reguler (XI.IIS.2 dan XI.IIS.3) dengan jumlah total 101 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling sehingga didapat 20 siswa dari kelas XI.IIS.1, XI.IIS.2, dan XI.IIS.3 sebagai sampel. Instrument yang digunakan adalah tes menulis teks biografi sederhana sebanyak 3-4 paragraf tentang Soekarno selama 90 menit (dua jam pelajaran). Tulisan siswa dianalisis menggunakan rubrik menulis terkait struktur teks dan struktur kalimat dari teks biografi sederhana. Berdasarkan penelitian ini, skor yang dihasilkan adalah 2.89 sehingga rata-rata kemampuan siswa dalam menulis teks biografi sederhana sudah berhasil memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berlaku di SMAN 1 Pariaman, yaitu B dengan skor minimal 2.85. Kemampuan menulis tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal diantaranya ketelitian siswa dalam menyajikan informasi tokoh, wawasan siswa terhadap kisah hidup tokoh, keluwesan siswa dalam mengekspresikan pendapat pribadinya terkait kisah hidup tokoh, serta kecakapan siswa dalam menggunakan simple past tense dan transition. Oleh sebab itu diharapkan pada siswa untuk terus berlatih dalam meningkatkan kemampuan menulis teks biografi sederhana, sehingga mereka akan lebih terbiasa untuk menceritakan kembali referensi-referensi yang sudah dibaca dan mengungkapkan pendapat pribadinya, seperti dalam penulisan skripsi kelak. Disamping itu, guru diharapkan juga untuk dapat berperan aktif dalam membimbing siswa memahami penggunaan simple past tense dan transition melalui teknik-teknik pengajaran yang mudah dimengerti siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:42
Last Modified: 18 Oct 2018 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18698

Actions (login required)

View Item View Item