An Analysis of Grammatical Errors in Writing a Recount Text of the Second Grade Students at SMPN 34 Padang

Guswanri, Rafki (2015) An Analysis of Grammatical Errors in Writing a Recount Text of the Second Grade Students at SMPN 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_RAFKI_GUSWANRI_1038_2016.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan menentukan seberapa banyak error dan apa jenis-jenis error di setiap fiturfitur bahasa yang dilakukan siswa dalam menulis sebuah teks recount. Terdapat delapan fitur-fitur bahasa dalam teks recount; yaitu penggunaan noun, pronoun, past tense, conjunction, time connective, adverb, adverbial phrase, dan adjective. Jenis-jenis error dalam penelitian ini ada empat; yaitu omission, addition, misinformation, dan misordering. Sumber data penelitian ini adalah 24 teks recount siswa kelas 2 SMPN 34 Padang yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dari total 225 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa persentase error yang tertinggi ke yang terendah adalah sebagai berikut: past tense (44,36%), time connective (15,97%), adverbial phrase (15,17%), pronoun (11,36%), noun (8,95%), adjective (5,29%), adverb (3,88%), dan conjunction (2,89%). Sedangkan jenis-jenis error yang mendominasi setiap fitur-fitur bahasa adalah sebagai berikut. Error pada penggunaan noun didominasi oleh misinformation (54,28%). Error pada pronoun didominasi oleh misordering (59,37%). Error pada past tense didominasi oleh misinformation (69,05%). Error pada conjunction didominasi oleh omission (100%). Error pada time connective didominasi oleh misinformation (66,66%). Error pada adverb didominasi oleh misinformation dan misordering (37,5%). Error pada adverbial phrase didominasi oleh misinformation (46,66%). Error pada adjective didominasi oleh misinformation (66,66%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:41
Last Modified: 18 Oct 2018 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18687

Actions (login required)

View Item View Item