The Effectiveness of CSR (Collaborative Strategic Reading) Strategy toward VIII Grade Students’ Ability in Reading atSMP N 11 Padang

Melco, Putri (2016) The Effectiveness of CSR (Collaborative Strategic Reading) Strategy toward VIII Grade Students’ Ability in Reading atSMP N 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_PUTRI_MELCO_1200982_5040_2016.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa SMPN 11 Padang terhadap pemahaman membaca salah satunya diakibatkan oleh kurang tepatnya guru dalam menggunakan strategi pengajaran. Oleh sebab itu perlu diterapkan sebuah strategi pengajaran membaca yang menarik dan berguna untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan strategi CSR (Collaborative Strategic Reading) pada kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penggunaan strategi CSR dalam kegiatan membaca terhadap pemahaman siswa dalam membaca. Penelitian ini mengemukakan hipotesis yakni CSR memberikan dampak positif terhadap kemampuan membaca siswa kelas VIII SMPN 11 Padang. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 11 Padang tahun pelajaran 2015-2016 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian yang diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII C sebagai kelas experimen dan VIII B sebagai kelas control. Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa 32 orang. Instrument yang digunakan adalah Reading Test. Tes dilakukan dua kali; pre-test dan posttest. Tes tersebut terdiri dari tiga puluh butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Setelah memberika post-test didapat data berupa nilai reading test oleh kedua kelompok sampel yang kemudian danalisis secara statistik dengan menggunakan rumus t-test, dan ditemukan bahwa t-hitung sebesar 6.7, sedangkan t-tabel sebesar 2.00, yang berarti t-hitung > t-tabel. pada taraf signifikasi 0.05. Berdasarkan hasil hitungan ini, disimpulkan bahwa penggunaan strategi CSR dalam pembelajaran membaca dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:41
Last Modified: 18 Oct 2018 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18685

Actions (login required)

View Item View Item