Think Aloud strategy to improve reading comprehension at Senior High School

Indriani, Putri (2016) Think Aloud strategy to improve reading comprehension at Senior High School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_PUTRI_INDRIANI_1100993_2698_2016.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penulis akan membahas bagaimana meningkatkan pemahaman membaca di Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan strategi Think Aloud, yang pertama kali dikembangkan oleh Ericson dan Simon pada tahun 1972. Meningkatkan pemahaman membaca melalui strategi Think Aloud terlebih dahulu dimulai dengan guru menerangkan kepada siswa apa yang di lakukan oleh pembaca yang baik saat membaca, mencontohkan kepada siswa bagaimana melakukan Think Aloud, lalu meminta siswa untuk melakukan Think Aloud secara individu. Siswa melakukan diskusi dengan teman sebangkunya sebelum melakukan diskusi secara menyeluruh bersama siswa lainnya dan guru yang mengajar terhadap isi teks. Think Aloud bertujuan untuk mengajarkan siswa agar menjadi pembaca yang aktif. Strategi ini melatih siswa untuk mengembangkan pikiran saat membaca sehingga mereka bisa meningkatkan pemahaman membaca mereka. Selain itu, Think Aloud juga membantu guru untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca siswa dan mempermudah guru untuk menilai siswa. Dengan menggunakan strategi ini guru bisa menemukan permasalahan masingmasing siswa dalam membaca dan menemukan cara untuk membantu. Serta siswa dapat lebih tertarik dalam belajar karena mereka terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:41
Last Modified: 18 Oct 2018 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item