The Use of the Reflection Activity in Teaching Writing a Recount Text to Senior High School Students

Yolanda, Poppy (2015) The Use of the Reflection Activity in Teaching Writing a Recount Text to Senior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_POPPY_YOLANDA_11059835140_2015.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang penggunaan reflection activity sebagai salah satu aktivitas pengajaran dalam menulis sebuah recount text yang difokuskan pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Reflection activity adalah suatu aktivitas yang sangat penting dalam tahapan proses pembelajaran yang meliputi tanggapan siswa terhadap pengalamannya ketika belajar recount text, menceritakan pengalamannya ketika belajar recount text dan mengevaluasinya. Dengan menggunakan reflection activity, siswa dapat mengingat kembali tentang recount text dan memberikan tanggapan terhadap kegiataanya selama prosess pembelajaran tersebut. Langkah-langkah dalam penggunaan reflection activity meliputi (1) guru mempersiapkan materi dan media yang diperlukan dalam proses pengajaran recount text; (2) guru mengarahkan siswa ke materi recount text dengan menampilkan gambar tempat wisata untuk liburan dan teks; (3) guru menjelaskan pengertian planning reflection; (4) guru memberikan questions guideline kepada siswa; (4) guru menyuruh siswa melakukan planning reflection dengan cara menjawab pertanyaan yang ada di question guideline; (5) guru menjelaskan recount text; (6) guru memberikan latihan kepada siswa; (7) guru menyuruh siswa untuk membuat mind mapping; (8) siswa menulis recount text; (9) siswa menampilkan secara oral hasil tulisan recount text mereka di depan kelas; (10) guru menyuruh siswa melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran agar mereka dapat melihat perkembangannya dalam belajar. Dengan melakukan reflection activity siswa dapat mengetahui kelemahan dan kelebihannya dalam menulis recount text sehingga mereka dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas tulisan mereka. Selain itu, siswa dapat lebih aktif dan berpikiran yang kritis karena siswa dituntut untuk memikirkan bagaimana menyelesaikan masalah mereka hadapi dalam menulis recount text. Oleh karena itu, reflection activity dapat menjadi sebuah aktivitas yang tepat dalam membantu siswa SMA menulis sebuah recount text yang baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:41
Last Modified: 18 Oct 2018 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18682

Actions (login required)

View Item View Item