Teaching Writing A Report Text By Using Inverted Pyramid to Senior High School Students

Novita, Novita (2014) Teaching Writing A Report Text By Using Inverted Pyramid to Senior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_NOVITA_1105961_5139_2015.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa Sekolah Menengah Atas kelas dua dengan menggunakan Inverted Pyramid. Adapun permasalahan yang dihadapi siswa saat menulis ialah keterbatasan ide, kosa kata, dan kurangnya pengetahuan dalam mengembangkan ide khususnya dalam report text. Untuk mengatasi hal tersebut, guru harus mencari dan menggunakan metode yang dapat diterapkan dalam pengajaran menulis. Salah satu metode yang dapat di terapkan adalah dengan menggunakan the inverted pyramid method atau metode piramida terbalik. Piramida terbalik adalah metode pembelajaran yang mengurutkan informasi terpenting sampai informasi pendukung yang terdiri atas tiga bagian (lead, supporting detail, and detail). Pertanyaan 5W1H di gunakan sebagai panduan dalam sebuah bentuk piramida terbalik untuk siswa ketika menulis. Pertanyaan 5Ws (Who, What, When, Where, Why) berada paling atas piramida karena berisi informasi penting. Sedangkan pertanyaan H (How) berada dibawah sebagai informasi pendukung. Pengajaran menulis dengan menggunakan the inverted pyramid method dimulai dengan membagi siswa perkelompok, kemudian guru memberikan artikel dari dua sumber yang berbeda tentang sebuah topik. Siswa mencari informasi yg terpenting sampai informasi pendukung dengan panduan 5W1H yang ditulis di inverted pyramid visual, kemudian siswa membuat sebuah report text berdasarkan informasi pada inverted pyramid visual. Melalui penerapan The Inverted Pyramid ini, guru dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris dalam kemampuan menulis sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu, siswa juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam menuturkan dan mengorganisasikan ide sehingga siswa mampu menulis report text dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Oct 2018 02:41
Last Modified: 18 Oct 2018 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18681

Actions (login required)

View Item View Item