Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang

Irmadeswita, Nani (2015) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_NANI_IRMADESWITA_1258_2015.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis pengaruh teknik mind mapping terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping dan sesudah menggunakan teknik mind mapping. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII.3 SMP Negeri 22 Padang sebelum menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai rata-rata sebesar 67,77. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII.3 SMP Negeri 22 Padang sesudah menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan nilai ratarata sebesar 75. Ketiga, pengaruh yang signifikan antara keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik mind mapping dan sebelum menggunakan teknik mind mapping karena thitung > ttabel (2,965>1,70). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa teknik mind mapping memberikan pengaruh terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang, serta teknik mind mapping dapat diterapkan dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan keterampilan menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:22
Last Modified: 17 Oct 2018 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18674

Actions (login required)

View Item View Item