Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang (Hanasu Ginou) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sawahlunto

Putri, Melgi Sandi (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang (Hanasu Ginou) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_MELGI_SANDI_PUTRI_1208937_5165_2016.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang yang mengakibatkan nilai berbicara bahasa Jepang siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa agar bisa bercerita menggunakan bahasa Jepang dan dapat memahami makna yang mereka sampaikan dengan bantuan teknik pemodelan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu “one group pretest posttest”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sawahlunto yang terdaftar pada periode Januari-Juli tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah 36 orang siswa kelas XI IPA. Data penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan berbicara bahasa Jepang dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sawahlunto. Skor hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa teknik pemodelan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara bahasa Jepang pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sawahlunto karena t hitung > t tabel ( 6,01 > 1,67 ) pada taraf signifikan 0,05. Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sawahlunto dengan menggunakan teknik pemodelan lebih baik dari pada tanpa menggunakan teknik pemodelan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:21
Last Modified: 17 Oct 2018 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18640

Actions (login required)

View Item View Item