An Analysis of Senior High School Students’ Speaking Ability In Retelling Narrative Texts at Grade Eleven of SMAN N 10 Padang

Anggi ER, M.Shahid (2015) An Analysis of Senior High School Students’ Speaking Ability In Retelling Narrative Texts at Grade Eleven of SMAN N 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_M_SHAHID_ANGGI_ER_00638_5030_2015.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat kemampuan speaking siswa kelas XI SMA N 10 Padang dalam menceritakan kembali teks naratif dalam bahasa inggris. Penelitian ini juga mendiskripsikan masalah apa saja yang dihadapi siswa dalam speaking dalam menceritakan kembali teks naratif, selain itu juga mendiskripsikan penyebab masalah yang dihadapi siswa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 10 Padang tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini berjumlah 35 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui 1 instrumen yaitu tes speaking retelling. Dalam retelling, siswa diberikan lima judul cerita untuk dipilih salah satunya dan diminta untuk menceritakan kembali (retelling) selama maksimal lima menit. Retelling yang disampaikan oleh masing-masing siswa direkam dengan menggunakan recorder. Selain itu, untuk mengetahui masalah yang dihadapi dan penyebab masalah itu timbul peneliti melakukan interview dengan siswa. Data penelitian ini berupa transkripsi dari rekaman retelling narrative text yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh, kemampuan speaking siswa di dalam menceritakan kembali teks naratif dalam bahasa Inggris adalah very good (17.14%), good (68.57%), dan fair (14.28%). Faktor-faktor penyebab kesulitan yang dihadapi oleh siswa mencakup tingkat kesulitan speaking, aspek vocabulary, pronunciation, fluency, grammar dan unsur dalam teks naratif itu sendiri yakni genneric structure. Dengan kata lain, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa level kemampuan speaking siswa kelas XI SMA N Padang tahun ajaran 2014/2015 dalam menceritakan kembali teks naratif dengan menggunakan bahasa Inggris adalah good yaitu pada level 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:20
Last Modified: 17 Oct 2018 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18624

Actions (login required)

View Item View Item