Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Atsari, Lidya (2014) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_LIDYA_ATSARI_1508_2015.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan, tujuan penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sebelum menggunakan model PBL, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model PBL dan (3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model PBL terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 249 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 31 Padang yang berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu (1) keterampilan menulis teks eksposisi siswa sebelum menggunakan model PBL dan (2) keterampilan menulis teks eksposisi siswa sesudah menggunakan model PBL. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model PBL siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model PBL siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 66,3. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model PBL siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 82,22. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan dk = (n1 + n2) –2 karena thitung> ttabel (4,47>1,67). Dengan kata lain, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 31 Padang sesudah menggunakan model PBL lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model PBL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:20
Last Modified: 17 Oct 2018 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18623

Actions (login required)

View Item View Item