Teaching Speaking by Using Community Circle Strategy for EFL Students.

Lisda, Juniarti (2016) Teaching Speaking by Using Community Circle Strategy for EFL Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_JUNIARTI_LISDA_1497_2015.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk dipelajari oleh siswa. Dalam mengajar keterampilan berbicara, banyak masalah yang dihadapi oleh guru seperti kurangnya kebersamaan dan kekompakan di dalam kelas, kurangnya rasa saling menghormati, dan juga kurangnya keterbukaan yang merujuk kepada masalah kejiwaan seperti takut berbicara di muka umum. Oleh karena itu, guru memerlukan sebuah strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu strategi yang bisa diterapkan adalah Community Circle Strategy. Dengan mengaplikasikan strategi ini, keterampilan berbicara siswa akan meningkat karena mereka bisa menyumbangkan ide-ide mereka dalam format lingkaran secara bersamasama dan terbuka. Dalam menerapkan strategi ini, guru memberikan sebuah topic untuk didiskusikan, lalu menyusun siswa dalam sebuah lingkaran. Setelah lingkaran terbentuk, siswa mendiskusikan topik yang sudah diberikan dalam lingkaran tersebut. Jika semua siswa sudah mendapat giliran, maka guru bersama siswa menyimpulkan topik yang telah didiskusikan dan memberikan refleksi tentang sikap-sikap mana yang harus ditiru dan mana yang harus dihindari oleh siswa Melalui strategi ini, kekompakan di dalam kelas, rasa hormat terhadap guru dan saling menghormati sesama, serta rasa terbuka dalam berbicara akan semakin berkembang, karena strategi ini mengharuskan siswa untuk berbicara secara bergantian sehingga semua siswa mendapat giliran untuk berbicara tanpa takut terganggu oleh yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:20
Last Modified: 17 Oct 2018 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item