Modul Pembelajaran Menulis teks Cerita Pendek dengan Model Discovery Learning untuk Siswa Kelas VII MTsN Situjuh Batur

Pelmita, Gusti (2015) Modul Pembelajaran Menulis teks Cerita Pendek dengan Model Discovery Learning untuk Siswa Kelas VII MTsN Situjuh Batur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_GUSTI_PELMITA_1200848_3111_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran pada materi menulis teks cerita pendek dengan model discovery learning yang valid dari segi aspek kelayakan penyajian, kelayakan isi, kelayakan kegrafikaan, dan kelayakan kebahasaan; praktis dari segi kemudahan dalam penggunaan; dan efektif dari segi keterampilan siswa siswa menulis teks cerita pendek sesuai dengan isi, struktur dan ciri bahasa teks cerita pendek. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pertama, menulis teks cerita pendek, yang berupa pengertian teks cerita pendek, struktur teks cerita pendek, ciri bahasa teks cerita pendek, langkah-langkah menulis teks cerita pendek dan indikator penilaian teks cerita pendek. Kedua, model discovery learning, yang berupa pengertian model discovery learning, kelebihan discovery learning, dan kelebihan model discovery learning. Ketiga, model pengembangan modul, yang berupa model pengembangan, pengertian modul, komponen modul, dan langkahlangkah penyusunan modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian pengembangan dengan metode research and development (R&D). penelitian ini menggunakan model pengembangan Four-D (4-D) yang disederhanakan menjadi 3-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Situjuh Batur yang berjumlah 28 orang. Data penelitian ini adalah data primer. Data tersebut diperoleh dari instrumen validitas, instrumen praktikalitas, hasil tes unjuk kerja untuk efektivitas. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk yang berupa modul pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan model discovery learning untuk siswa kelas VII MTsN Situjuh Batur. Dari hasil analisis terhadap instrumen validasi modul, maka modul yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan sebesar 83,22%. Tingkat praktikalitas modul pembelajaran dari guru sebesar 83,82% dengan kategori sangat praktis dan tingkat praktikalitas modul oleh siswa mencapai nilai praktikalitas sebesar 90,34% dengan kategori sangat praktis. Nilai efektivitas modul sebesar 84,46% dengan kategori baik yang diperoleh dari nilai tes unjuk kerja siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:19
Last Modified: 17 Oct 2018 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18598

Actions (login required)

View Item View Item