Vocabulary Mastery by the Second Year English Department Students of Universitas Negeri Padang

Halin, Gumala Resti (2016) Vocabulary Mastery by the Second Year English Department Students of Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_GUMALA_RESTI_HALIN_1100967_3389_2016.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penguasaan kosa kata (daftar kosa kata sulit) mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Padang tahun masuk 2014 dan strategi-strategi apa saja yang mereka gunakan untuk menguasai kosa kata bahasa Inggris, serta mengingat kembali kosa kata yang pernah mereka pelajari sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat dua tahun masuk 2014 program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Padang. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes kosa kata dan angket mengenai strategi-strategi yang digunakan mahasiswa dalam penguasaan kosa kata. Tes kosa kata menggunakan sistem Vocabulary Knowledge Scale (VKS) yang memiliki 5 buah kategori untuk dipilih oleh peserta tes. Kategori itu diantaranya, kategori I: Saya tidak pernah melihat kosa kata tersebut, kategori II: saya pernah melihat kosa kata tersebut namun tidak tahu artinya, kategori III: saya pernah melihat kosa kata itu sebelumnya mungkin artinya adalah......(peserta menuliskan sinonim atau artinya), kategori IV: saya pernah melihat kosa kata itu sebelumnya artinya adalah....(peserta menuliskan sinonim atau artinya) dan kategori V: saya dapat menuliskan kosa kata ini dalam bentuk kalimat yaitu.....(peserta menuliskan kalimatnya sendiri terhadap kosa kata tersebut). Kosakata diambil dari daftar kosakata baru mahasiswa saat belajar matakuliah Reading 2. Jumlah butir kata yang harus dijawab adalah 100 kata. Selain itu dalam angket terdapat 50 pertanyaan mengenai strategi-strategi yang digunakan peserta tes dalam menguasai kos kata. Peserta memberikan satu buah tanda centang dalam rentang 1-5. Terdapat 5 garis besar strategi dalam angket yaitu determination strategies, social strategies, memory strategies, cognitie strategies, dan metacognitive strategies. Data penelitian ini berupa hasi skor tes dan jawaban dari angket kemudian dianalisis. Berdasarkan data yang diperoleh kemampuan penguasan kosa kata mahasiswa adalah 46.6 atau poor (kurang) dan pada umunya mahasiswa cendrung memilih kategori II yaitu saya pernah melihat kosa kata tersebut namun tidak tahu artinya. Kemudian strategi yang paling sering digunakan mahasiswa dalam penguasaan kosa kata adalah determination strategies dan metaconitive strategies, sedangkan social strategies, memory strategies dan cognitive strategies termasuk dalam strategi yang jarang dipakai oleh mahasiswa. Dari hasil data tersebut dapat dismpulkan bahwa penguasaan kosa kata mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang tahun masuk 2014adalah poor (kurang).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 07:19
Last Modified: 17 Oct 2018 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18597

Actions (login required)

View Item View Item