Teaching Speaking by UsingRetelling Strategy for Senior High School Students

Ganesha, Gita (2015) Teaching Speaking by UsingRetelling Strategy for Senior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_GITA_GANESHA_6088_2015.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

BahasaInggrissebagaibahasaasingmemilikiempatketerampilanpenting yang salingberkaitansatusamalainnya. Diantaranyaadalah listening, speaking, reading dan writing.Dalammakalahiniakandijelaskanbagaimanacaramengajarkanberbicaradeng anmenggunakanRetelling Strategy. Berbicaramerupakansalahsatuketerampilan yang harusdimilikisiswakarenadenganberbicarasiswadapatmenyampaikan ide-ide ataupendapat yang dimilikiolehsiswatersebut.Namundapatdilihatpadasaatini, kemampuanberbicarasiswamasihsangatkurangdanbanyaksiswa yang belumterbiasaberbicaradalambahasaInggris.Selainitu, penggunaan media danstrategipengajaran yang diberikanoleh guru tidakmenarik.Dengankondisiini,guru harusmampumenarikkembaliminatsiswadalamkegiatanberbicara.Dalammakalahini penulismenggunakanRetelling Strategysebagaitekhnikpembelajaran.Strategiinidapatmemotivasisiswauntukberbic aradenganmenggunakanbahasasiswaitusendiri.Langkahlangkahdalampengajaranmenulismenggunakan retelling yaitupreparation, preteaching, whilst-teaching dan post-teaching.Padapreparation guru mempersiapkanmaterinaratifteks, media ajar yang akandigunakanadalah video danrencanapengajaran. Padapre-teaching guru mengaktifkanlatarbelakangpengetahuanmuriddenganmemberikanpertanyaantentan gmateri yang telahdiberikansebelumnya.Padawhilst-teaching guru menampilkansebuah video yang berkaitandengannaratifteksdanmemberikanpertanyaan yang berkaitandengan video tersebut, pertanyaan yang diberikanmerupakanpanduansiswauntukberbicaranantinya.Lalu guru menunjukbeberapasiswauntukmenceritakankembalitentangceritadalam video tersebutdi depankelas. Padapost-teaching guru memberikanpertanyaantentangnilai moral yangterdapatdalamceritatersebutdanmenyimpulkanmateri yang telahdiberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:24
Last Modified: 17 Oct 2018 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18596

Actions (login required)

View Item View Item