Using the SNT (Show Not Tell) Strategy in Teaching Writing a Descriptive Text to Junior High School Students

Shatilla, Fotji Fazerah (2015) Using the SNT (Show Not Tell) Strategy in Teaching Writing a Descriptive Text to Junior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FOTZI_FAZERA_SHATILLA_15744_1381_2015.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan strategi SNT (Show Not Tell) dalam pengajaran menulis (writing) deskriptif teks kepada siswa SMP. Kemampuan siswa SMP dalam memahami teks deskriptif masih sangat kurang disebabkan karena penggunaan strategi yang kurang menarik oleh guru dalam pengajaran menulis. Untuk menstimulus siswa dalam menulis dipilih strategi Show Not Tell, yaitu strategi yang mengubah sebuah ”kalimat utama yang akan dijelaskan” menjadi ”paragraf dengan gambaran dan penjelasan yang lebih spesifik”. Dengan menggunakan SNT ini dapat membantu siswa mengembangkan ide dan menambah kosakata mereka dalam menulis deskriptif teks. Langkah-langkah pengajaran menggunakan strategi SNT ini adalah: kegiatan pre-teaching, whilst- teaching dan post-teaching. Pada pre-teaching, guru mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa mengenai topik yang akan diajarkan. Pada whilst-teaching, guru memperlihatkan sebuah gambar dan mendiskusikannya dengan siswa mengenai informasi yang dapat digunakan dan menjelaskan cara menggunakan SNT dalam membuat teks deskirptif. Pada post-teaching, guru mendiskusikan hasil pelajaran dengan siswa dan menyimpulkan hasil pelajaran. Dengan menggunakan strategi SNT ini diharapkan memberikan manfaat bagi guru bahasa Inggris dalam mengajarkan menulis sehingga proses belajar mengajar mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:24
Last Modified: 17 Oct 2018 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18592

Actions (login required)

View Item View Item