The Use of the Socratic Seminar in Teaching Speaking an Analytical Exposition Text to Senior High School Students

Fetrianis, Fetrianis (2016) The Use of the Socratic Seminar in Teaching Speaking an Analytical Exposition Text to Senior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FETRIANIS_1101004_2583_2016.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Banyak masalah yang dihadapi siswa dalam berbicara, di antaranya tidak percaya diri, gugup, keterbatasan dalam kosakata, tata bahasa, dan kesulitan pelafalan. Hal ini disebabkan adanya kendala dalam pengajaran berbicara, yakni siswa tidak mempunyai banyak kesempatan untuk praktek berbicara menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, penulis memilih Socratic Seminar sebagai salah satu bentuk praktek berbicara yang mendorong siswa untuk aktif, dan percaya diri, dalam sebuah diskusi kelompok sehingga siswa menjadi terbiasa mengungkapkan ide dan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Socratic Seminar dimulai dengan membagi siswa dalam kelompok dengan jumlah anggota masing-masing tujuh orang. Kemudian kelompok A dan kelompok B menempati posisi inner dan outer circle untuk menampilkan Socratic Seminar. Sementara kelompok A melakukan diskusi, kelompok B memperhatikan dan melakukan pencatatan pada rubrik penilaian Socratic seminar. Kegiatan ini diakhiri dengan penyampaian komen, refleksi, dan koreksi oleh siswa outer circle atas penampilan siswa inner circle kemudian penyampaian kesimpulan oleh guru. Penerapan Socratic seminar diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan motivasi belajar siswa, terutama dalam bidang berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:24
Last Modified: 17 Oct 2018 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item View Item