Teaching Writing Recount Text by using a Concept Map to Junior High School Students

Dewita, Fera Afrina (2015) Teaching Writing Recount Text by using a Concept Map to Junior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FERA_AFRINA_DEWITA_5537_2015.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Menulis dalam bahasa Inggris merupakan kegiatan yang membosankan dan paling tidak disukai para siswa. Padahal, menulis adalah salah satu keterampilan bahasa dalam kurikulum pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ini disebabkan karena kurangnya kosa kata dalam bahasa Inggris yang dikuasai para siswa, sehingga mereka mendapat kesulitan dalam memahami kosa kata tersebut dan menuliskannya. Mempelajari bahasa Inggris selama di jenjang pendidikan Sekolah Dasar saja tidak cukup untuk membuat para siswa mahir menulis dalam bahasa Inggris, tanpa mempraktikannya kedalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, teknik pengajaran guru sangat perlu diperhatikan untuk memotivasi para siswa dalam menulis dalam bahasa inggris. Dalam makalah ini, dibahas bagaimana mengajarkan writing melalui Peta konsep. Dimana pengajaran menulis ini dimulai dengan guru menyuruh siswa untuk membuat sebuah Peta konsep, kemudian guru meminta siswa untuk memprediksi Peta konsep tersebut dan mendiskusikanya bersama sama serta mengembangkannya kedalam sebuah teks. Cara ini diawali dengan guru menyuruh siswa membuat Peta konsep yang berhubungan dengan pelajaran yang di berikan. Kemudian guru meminta siswa untuk membaca Peta konsep dan memberikan prediksi tentang Peta konsep tersebut. Berikutnya, guru membimbing siswa dalam diskusi tentang prediksi yang dibuat. Terakhir guru dan siswa mendiskusikan isi atau informasi yang terkandung dalam Peta konsep yang diberikan. Diharapkan Peta konsep ini dapat memberikan manfaat untuk membantu siswa dalam memprediksi sebuah teks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:24
Last Modified: 17 Oct 2018 01:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18589

Actions (login required)

View Item View Item