The Effect of Applying the Talk-To-The-Text Strategy on Reading Comprehension of Narrative Texts of Eighth Grade Students at SMPN 17 Bintan

Yonata, Fadhila (2015) The Effect of Applying the Talk-To-The-Text Strategy on Reading Comprehension of Narrative Texts of Eighth Grade Students at SMPN 17 Bintan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FADHILA_YONATA_96946_1494_2015.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan strategi Talk-To-The-Text memberikan pengaruhyang siginifikan terhadap pemahaman siswa dalam membaca teks. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIIISMPN 17Bintan tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol yang di pilih secara acak dengan menggunakan cluster sampling. Kedua sampel di berikan tes awal berbentuk tes pemahaman berbentuk pilihan berganda untuk memastikan kedua sampel memiliki kemampuan membaca teks naratif yang sama. Pada saat pembelajaran membaca teks naratif, siswa pada kelas ekperimen diajar dengan menggunakan Strategi Talk-To-The-Text,sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan strategi retelling. Strategi Talk-To-The-Text adalah strategi membaca yang mengharuskan pembaca membuat respon tentang teks yang berupa menjawab pertanyaan berdasarkan panduan pertanyaan, memvisualisasi isi teks, dan menghubungkan isi teks dengan pengalaman. Respon tersebut di tulis pada sticky notes yang nantinya akan digunakan sebagai sumber dalam diskusi kelompok. Di akhir penelitian, siswa diberikan post-test berbentuk tes pemahaman membaca berbentuk pilihan berganda yang hasilnya digunakan sebagai data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan rumus t-test, ditemukan bahwa nilai t-hitung sebesar 2,99 sedangkan t-tabel sebesar(1,68), yang berarti t-hitung>t-tabel pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategiTalking-To-The-Text memberikan dampak yang lebih baik secara siginifikan terhadap pemahaman siswa dalam membaca teksnaratifpada siswa kelas VIII di SMPN 17 Bintan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:23
Last Modified: 17 Oct 2018 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item View Item