Using Bamboo Dancing Technique to Make Speaking Activity More Enjoyable

Narius, Evin (2014) Using Bamboo Dancing Technique to Make Speaking Activity More Enjoyable. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_EVIN_NARIUS_54562_1695_2015.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menjabarkan penggunaan bamboo dancing dalam pengembangan kemampuan berbicara siswa Sekolah Menengah Pertama. Bamboo dancing merupakan pembelajaran yang digunakan guru dalam mengadakan interaksi dengan siswa pada saat berlangsung proses belajar mengajar. Pembelajaran dengan bamboo dancing sangat baik digunakan untuk mengajarkan berkaitan informasi- informasi awal guna mempelajari materi selanjutnya. Dengan menggunakan bamboo dancing diharapkan terjadi pemerataan informasi atau topik yang diketahui oleh siswa. Bamboo dancing sangat bermanfaat guna pembelajaran di kelas agar lebih variatif sehingga tidak membosankan siswa. Pembelajaran bamboo dancing mempunyai tujuan agar siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur, strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar siswa. Meskipun namanya bamboo dancing tetapi tidak menggunakan bambu. Siswa yang berjajarlah yang di ibaratkan sebagai bambu. Langkah-langkah model pembelajaran bamboo dancing yg pertama adalah Penulisan topik di papan tulis atau mengadakan tanya jawab dengan siswa. Kedua, Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar. Ketiga, Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama. Keempat ,Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:23
Last Modified: 17 Oct 2018 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item