The Third Year English Department Students` Ability in Understanding Word Formation Using DerivationalSuffixes

Putri, Dini Rahmi (2015) The Third Year English Department Students` Ability in Understanding Word Formation Using DerivationalSuffixes. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_DINI_RAHMI_PUTRI_12243_1628_2015.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan mahasiswadalam memahami pembentukan kata, (2) mengetahui tipe derivational suffixes yang paling sulit untuk dipahami, (3) mengetahui masalah-masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam memahami pembentukan kata. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2011 Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang. Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Data dikumpulkan melalui dua instrumen yaitu tesderivational suffixesdanwawancara. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwapersentasekemampuanmahasiswadalammema hami pembentukan kata menggunakan derivational suffixesadalah51 % untuk adjective-forming suffix denganinterpretasipooratau buruk, 44 % untuk nounforming suffix dengan interpretasi poor atau buruk, 29 % untuk verb-forming suffix dengan interpretasi very poor atau sangat buruk, 56 % untuk adverbforming suffix dengan interpretasi average atau sedang, dan sebagai tambahan 39 % dalam menentukan kata dasar dengan interpretasi very poor atau sangat buruk. Masalah-masalah yang dihadapiolehmahasiswa dalam memahami pembentukan kata menggunakan derivational suffixesadalahmenentukan tipe derivational suffixes, membedakan tipe-tipe derivational suffixes dan mengenali tipe-tipe derivational suffixes ketika berada dalam sebuah teks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:23
Last Modified: 17 Oct 2018 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18574

Actions (login required)

View Item View Item