The Use of Contextual Redefinition Strategies toward Students Reading Comprehension

Febria, Desty (2014) The Use of Contextual Redefinition Strategies toward Students Reading Comprehension. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_DESTY_FEBRIA_1641.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan salah satu keterampilan bahasa yang diprioritaskan dalam kurikulum pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)Indonesia karena sebagian aktifitas siswa dalam belajar adalah membaca. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami sebuah teks. Hal ini disebabkan oleh cara mengajar guru yang sering kali tidak menarik dan kurang bervariasi, sehingga siswa kurang termotivasi untuk membaca dan sulit memahami apa yang mereka baca. Untuk itu, banyak strategi yang telah dikembangkan oleh para ahli pendidikan untuk membantu guru mengatasi masalah tersebut, salah satu di antaranya adalah strategi Contextual Redefinition. Pada dasarnya strategi ini lebih menfokuskan pada aktivitias siswa dalam memahami kosa kata pada teks yang akan dipelajari. Jadi sebelum siswa diberikan sebuah teks, siswa terlebih dahulu diberikan kegiatan yang menyenangkan untuk mengetahui kosa kata. Oleh sebab itu, siswa akan lebih mudah memahami sebuah teks jika mereka sudah tahu arti dari kosa kata yang ada di dalam teks. Melalui pembelajaran keterampilan membaca dengan menggunakan strategi ini siswa tidak hanya termotivasi untuk membaca sebuah teks, namun mereka juga bisa memahami isi teks yang mereka baca dengan sangat baik. Dengan adanya strategi ini, diharapkan guru-guru Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami sebuah teks atau bacaan dengan cara yang menyenangkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:22
Last Modified: 17 Oct 2018 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18571

Actions (login required)

View Item View Item