Factors that Influence 3rd Year Students’ Willingness to Speak English at English Department of Universitas Negeri Padang

Akhir, Cayo Islami Musmar El. (2016) Factors that Influence 3rd Year Students’ Willingness to Speak English at English Department of Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_CAYO_ISLAMI_MUSMAR_EL_AKHIR_1105979_2429_2016.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-fator internal dan eksternal yang dominan dalam mempengaruhi keinginan berbicara bahasa Inggris mahasiswa tingkat tiga. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan populasi mahasiswa jurusan bahasa Inggris Universitas Negeri Padang (UNP) tahun akademik 2013. Sampel penelitian dipilih dengan metode total sampling, dimana seluruh mahasiswa tahun akademik 2013 menjadi responden dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah seperangkat kuesioner yang terdiri dari 30 pernyataan yang mewakili enam kategori faktor internal dan lima kategori faktor eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua faktor internal yang dominan dalam mempengaruhi keinginan berbicara bahasa Inggris mahasiswa adalah English proficiency (kefasihan berbahasa Inggris) dan self-confidence (kepercayaan diri). Sementara itu, faktor eksternal yang dominan dalam mempengaruhi keinginan berbicara bahasa Inggris mahasiswa adalah communication context and receiver types (konteks komunikasi dan tipe-tipe pendengar), interpersonal motivation (motivasi interpersonal), self-perceived communicative competence (kemampuan berkomunikasi), frequency and quality of second language (L2) or foreign language (FL) contact (keseringan dan kualitas dalam menggunakan bahasa kedua atau bahasa asing), dan familiarity with the interlocutor and environment (keakraban dengan lawan bicara dan lingkungan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Oct 2018 01:22
Last Modified: 17 Oct 2018 01:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/18569

Actions (login required)

View Item View Item